Kamis, 29 Oktober 2015

BisMania Community Solo Raya, Persatukan Para Penggemar Bus

BisMania Community Solo Raya merupakan komunitas penggemar bus di wilayah eks Karesidenan Surakarta.
100314-ady-komunitas-BisMania CommunityBisMania Community merupakan komunitas penggemar bus Indonesia, yang anggotanya tersebar di berbagai kota dengan mayoritas di Pulau Jawa. Komunitas tersebut merupakan kumpulan masyarakat yang menjadikan bus tidak hanya sekadar alat transportasi, melainkan juga aneka kreasi dan hobi. Segala hal yang berhubungan dengan bus mereka akomodasi dalam komunitas mulai dari bus antar kota, bus kota, bus pariwisata, minibus hingga teknologi dunia bus.
BisMania Community memiliki anggota yang beragam dari berbagai usia dan berbagai kalangan. Tak hanya sebagai sarana pemersatu penggemar bus di Indonesia, BisMania Community juga berharap dapat berperan memberikan sumbangsih dan peduli untuk memajukan bangsa khususnya di prasarana transportasi sebagai penghubung antar daerah di Indonesia. Selain itu BisMania Community berharap dapat menunjang berbagai aktivitas bisnis dunia otomotif Indonesia, menjadi nilai tambah yang bermanfaat bagi pengusaha, konsumen, ataupun industri lain yang berhubungan dengan dunia transportasi bus.

Dengan jumlah anggota yang terus bertambah di berbagai daerah maka dibentuklah Korda, Korwil maupun Sub Korwil yang tersebar di wilayah Jawa, Bali dan Sumatera. Ini berguna untuk mempermudah pengawasan maupun melakukan koordinasi kegiatan BisMania Community. Salah satunya adalah BisMania Community Solo Raya. BisMania Community Solo Raya merupakan komunitas penggemar bus di wilayah eks Karesidenan Surakarta. BisMania Community Solo Raya mengkoordinir anggota yang berdomisili di kota Solo, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Boyolali dan sekitarnya.
“Kalau di Solo lebih tepatnya disebut Korwil ya. Awalnya pada tahun 2007 itu ada banyak komen bermunculan dari teman-teman yang suka bus. Akhirnya beberapa lama kemudian tepat pada tanggal 8 Maret 2008 mulai banyak yang berkumpul dan kita secara resmi berdiri sebagai sebuah komunitas,” cerita Arga Kusuma Senna, Ketua BisMania Community Solo Raya. kepada Joglosemar di sela-sela kegiatan gathering di pintu selatan Stadion Manahan, Jumat (7/3).
Visi dari komunitas tersebut, yang awam jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu dan yang pintar harus cari tahu yang baru. “BisMania Community itu sendiri menghimpun, menyatukan dan mengakomodasi para penggemar bus di seluruh Indonesia dalam satu lingkup komunitas melalui berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan dunia bus. Kami menjadi wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bus di tanah air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya,” ungkap Arga.
Lebih dari itu, BisMania Community Solo Raya pun merupakan simbolisasi dari konsumen bus dan menjadi mediator antara konsumen dengan operator Perusahaan Oto Bus (PO). “Tujuannya demi meningkatkan pelayanan sehingga dapat memberikan dan mengajak kepada masyarakat untuk menjadikan bus sebagai pilihan transportasi yang layak digunakan,” terang Arga.

Ikut Sukseskan Sosialisasi BST Koridor II

Bus Batik Solo Trans (BST) Koridor II mulai dioperasikan di Kota Solo pada tanggal 25 Februari 2014 yang lalu. Sebagai salah satu komunitas pecinta bus yang terbilang solid dan berkomitmen tinggi dalam dunia bus, maka PT Bengawan Solo Trans selaku operator BST Koridor II pun tak ragu menggandeng komunitas BisMania Community Solo Raya untuk mensukseskan sosialisasi tersebut.
“Sesuai dengan visi dan misi dari komunitas kami, maka kami pun ikut serta dalam sosialisasi BST Koridor II ini,” ujar Arga Kusuma Senna, Ketua BisMania Community Solo Raya.
Secara khusus, BisMania Community Solo Raya memang acap kali menjalin dengan pihak diluar seperti operator Perusahaan Oto Bus (PO), Dinas Perhubungan, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) dan instansi terkait. “Bisa dikatakan kerja sama, memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melestarikan budaya naik bus sebagai angkutan umum. Ini juga untuk menekan angka kemacetan di Kota Solo. Kita tadi juga bantu-bantu nyuci tapi buat senang-senang saja, tak ada maksud lain. Sekitar 30-an anggota kami pun ikut berbasah ria,” terang Arga.
Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) BisMania Community Solo Raya. Di samping sosialisasi BST Koridor II dan gathering cuci bus, akan digelar pula agenda kunjungan ke garasi PO Raya bersama komunitas Raya Fans Community Solo. “Kemudian akan ada family gathering BisMania Community di Cokro Tulung dan perayaan ulang tahun kami di Janti,” tukas Arga.

 Putradi Pamungkas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar